RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : IV/I
Tema :
1. Indahnya Kebersamaan
Sub Tema : 1.1. Keberagaman Budaya Bangsa
Pembelajaran : 1
Alokasi waktu : 6 x 35
menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
3.
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati
mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4.
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
IPA
3.5 Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan
indra pendengaran.
4.4 Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi.
PPKn
3.1 Memahami
makna dan keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila
secara utuh.
4.1 Mengamati
dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang
kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh
IPS
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
C.
INDIKATOR
IPA
1. Menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan.
2. Membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang
bergetar.
PPKn
1. Menceritakan pengalaman mengamalkan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
1. Menceritakan pengalamannya
menjaga keharmonisan hubungan dengan teman sebagai
pengamalan nilai-nilai
Pancasila.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca teks dan bereksplorasi dengan
benda-benda sekitar, siswa dapat menjelaskan
sumber bunyi dalam bentuk tulisan.
2.
Setelah bereksplorasi
dengan benda-benda sekitar, siswa dapat membandingkan bunyi yang
dihasilkan
oleh benda yang bergetar.
3. Setelah
berdiskusi
siswa dapat menceritakan
pengalamannya mengamalkan nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan sehari-hari
dengan benar.
E.
MATERI
AJAR
1. Pengertian bunyi
bunyi adalah gelombang longitudinal hasil dari suatu getaran
yang dapat merangsang
indra pendengaran.
Sifat-sifat bunyi meliputi :
·
Merambat membutuhkan medium
·
Merupakan gelombang longitudinal
·
Dapat dipantulkan
2. Alat indera pendengaran pada manusia
Indera pendengar adalah telinga yang terdiri dari :
· Telinga bagian luar yaitu
daun telinga, lubang telinga dan liang pendengaran
· Telinga bagian tengah terdiri
dari gendang telinga, 3 tulang pendengar ( martil, landasan dan sanggurdi) dan
saluran eustachius.
· Telinga bagian dalam terdiri
dari alat keseimbangan tubuh, tiga saluran setengah lingkaran, tingkap jorong,
tingkap bundar dan rumah siput (koklea)
Fungsi bagian-bagian indra pendengar :
· Daun telinga, lubang telinga dan liang pendengaran berfungsi menangkap dan mengumpulkan gelombang
bunyi.
· Gendang telinga berfungsi
menerima rangsang bunyi dan meneruskannya ke bagian yang lebih dalam.
· Tiga tulang pendengaran ( tulang martil,
landasan dan sanggurdi) berfungsi memperkuat getaran dan
meneruskannya ke koklea atau rumah siput.
· Tingkap jorong, tingkap bundar, tiga saluran setengah
lingkaran dan koklea (rumah isput) berfungsi
mengubah impuls dan diteruskan ke otak. Tga
saluran setengah lingkaran juga berfungsi menjaga keseimbangan
tubuh.
·
Saluran eustus menghubachiungkan rongga mulut dengan telinga bagian luar.
3. Jenis alat musik
a. Alat musik tiup, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara di tiup
Contoh : harmonica,
recorder, tuba, seruling, flute, bason, horn, terompet, pianika,
saksofon, clarinet dan lain-lain.
b. Alat musik gesek, yaitu alat musik
yang dimainkan dengan cara digesek. Contoh :
biola, rebab, cello, violin, kontra bas, viola dan lain-lain
c. Alat musik petik, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik.
Contoh : gitar, bas, mandolin, harpa,
siter, banjo, sasando, ukulele, dan lain-lain.
d. Alat musik pukul, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipukul.
d. Alat musik pukul, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipukul.
e. Alat musik tekan, yaitu alat musik
yang cara memainkannya dengan cara ditekan
Contoh : piano, organ, keyboard dan
lain-lain.
F.
PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
Ø Pendekatan : Saintifik (scientific)
Ø Metode : Pengamatan, Tanya
jawab, Diskusi,
Percobaan
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
No
|
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
AlokasiWaktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
|
o Guru
mengajak siswa berdoa (religius)
o Mengecek
kehadiran siswa
o Guru menayangkan gambar
alat musik.
o Peserta didik
mencermati gambar dan diminta menyampaikan pendapat setelah melihat gambar
tersebut. Misalnya seruling, gendang, angklung.
o Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari.
|
10 menit
|
|
2.
|
Inti
|
o Guru
menjelaskan mengenai bunyi dan alat pendengaran pada manusia.
o Peserta didik
mendengarkan penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu
diskusi tentang “Alat Musik ”.
o Guru
membagikan Lembar Kerja.
o Peserta
didik membaca teks “Alat
Musik”
o Peserta
didik melakukan diskusi untuk menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang telah
dibacanya yaitu tentang nama, dan cara
memainkannya.
o Peserta didik melakukan
percobaan secara berkelompok untuk menemukan pengertian tentang sumber bunyi.
o Siswa menyampaikan
pengertian tentang sumber bunyi.
o Guru melakukan
penilaian sikap peserta didik dalam proses pembelajaran.
______________________________________________
o Peserta
didik mengamati benda
yang ada disekitar.
o Peserta didik
membunyikan benda-benda yang dianggap sebagai sumber bunyi dengan cara yang
berbeda.
o Peserta didik secara
berkelompok membunyikan berbagai jenis benda agar menghasilkan bunyi yang
enak didengar.
o Peserta didik
membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda tersebut.
o Guru melakukan
penilaian sikap peserta didik dalam proses pembelajaran.
_____________________________________________
o Guru mengelompokkan
peserta didik berdasarkan cara membunyikan benda-benda dari peralatan dapur.
o Guru membimbing siswa
bermain musik dengan alat yang ada.
o Peserta didik
menyanyikan lagu yang dikenal dengan iringan musik buatan.
o Guru memperkenalkan
konsep harmoni dalam bermain musik.
o Peserta didik
berdiskusi tentang makna harmoni dalam kehidupan sehari-hari.
o Peserta didik
berdiskusi tentang manfaat sikap harmoni dalam kehidupan berbangsa dan
bertanah air.
o Peserta didik
menceritakan pengalamannya mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
o Peserta didik dan guru
menanggapi cerita tersebut.
o Peserta didik
mengumpulkan hasil diskusi untuk dilakukan penilaian produk oleh guru.
|
160 menit
|
|
3.
|
Penutup
|
o Peserta
didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaranpada pertemuan
hari itu
o Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapat tentang
pembelajaran yang diikuti
o Guru
melakukan penilaian
o Peserta didik
ditugaskan membuat kliping dengan tema Keanekaragaman Budaya Bangsa
Indonesia.
o Guru
menyampaikan pesan moral untuk senantiasa saling menghormati
keanekaragaman suku bangsa di Indonesia.
o Salam
doa dan penutup
|
15 menit
|
H.
PENILAIAN
1.
Tes tertulis dalam bentuk uraian
2.
Penilaian sikap selama bekerja kelompok
3.
Penilaian kinerja presentasi
4.
Produk : membuat
kliping tentang Keanekaragaman Budaya Bangsa Indonesia
PENILAIAN NON TES:
Penilaian Sikap
Kinerja dalam Menyelesaikan Tugas
Kelompok
|
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||
|
Kerja sama
|
Keaktifan
|
Menghargai pendapat teman
|
Tanggung jawab
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
1 = Kurang 3 = Baik
2 = Cukup 4 = Sangat Baik
Skor maksimal = 16
|
Nilai =
|
Skor perolehan
|
X 100
|
|
Skor Maksimal
|
Penilaian Pengetahuan



I.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Teks bacaan ‘Alat Musik”
2.
Lembar Kegiatan
3.
Gambar Alat
Musik
4.
Alat
Musik
5.
Benda-benda
yang menghasilkan bunyi.
Semarang, …………….
Guru Kelas
IV
Tidak ada komentar:
Posting Komentar