Jumat, 09 Januari 2015

Tugas Kelompok Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :
Kelas / Semester          : IV/I
Tema                            : 1. Indahnya Kebersamaan
Sub Tema                    : 1.1. Keberagaman Budaya Bangsa
Pembelajaran              : 1
Alokasi waktu             : 6 x 35 menit

A.       KOMPETENSI INTI
1.     Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
3.     Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4.     Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       KOMPETENSI DASAR
IPA
3.Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indra pendengaran.
4.4   Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi.

PPKn
3.1  Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh.
4.1  Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh

IPS
3.5   Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5  Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

C.       INDIKATOR
IPA
1.   Menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan.
2.   Membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar.
PPKn
1.   Menceritakan pengalaman mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

IPS
1. Menceritakan pengalamannya menjaga keharmonisan hubungan dengan teman sebagai
    pengamalan nilai-nilai Pancasila.


D.       TUJUAN  PEMBELAJARAN
           1.   Setelah membaca teks dan bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, siswa dapat menjelaskan
               sumber bunyi dalam bentuk tulisan.
           2.   Setelah bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, siswa dapat membandingkan bunyi yang
               dihasilkan oleh benda yang bergetar.
         3.    Setelah berdiskusi siswa dapat menceritakan pengalamannya mengamalkan nilai-nilai Pancasila
               dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.


E.       MATERI  AJAR
1.     Pengertian bunyi
bunyi adalah gelombang longitudinal hasil dari suatu getaran yang dapat merangsang
indra pendengaran.
Sifat-sifat bunyi meliputi :
·         Merambat membutuhkan medium
·         Merupakan gelombang longitudinal
·         Dapat dipantulkan

2.       Alat indera pendengaran pada manusia
 Indera pendengar adalah telinga yang terdiri dari :
·      Telinga bagian luar yaitu daun telinga, lubang telinga dan liang pendengaran
·   Telinga bagian tengah terdiri dari gendang telinga, 3 tulang pendengar ( martil, landasan dan sanggurdi) dan saluran eustachius.
·     Telinga bagian dalam terdiri dari alat keseimbangan tubuh, tiga saluran setengah lingkaran, tingkap jorong, tingkap bundar dan rumah siput (koklea)
Fungsi bagian-bagian indra pendengar :
·  Daun telinga, lubang telinga dan liang pendengaran berfungsi menangkap dan mengumpulkan gelombang bunyi.
·       Gendang telinga berfungsi menerima rangsang bunyi dan meneruskannya ke bagian yang lebih dalam.
·       Tiga tulang pendengaran ( tulang martil, landasan dan sanggurdi) berfungsi memperkuat getaran dan meneruskannya ke koklea atau rumah siput.
·  Tingkap jorong, tingkap bundar, tiga saluran setengah lingkaran dan koklea (rumah isput) berfungsi mengubah impuls dan diteruskan ke otak. Tga saluran setengah lingkaran juga berfungsi menjaga keseimbangan tubuh.
·          Saluran eustus menghubachiungkan rongga mulut dengan telinga bagian luar.

3.      Jenis alat musik
a.   Alat musik tiup, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara di tiup
   Contoh : harmonica, recorder, tuba, seruling, flute, bason, horn, terompet, pianika, saksofon,     clarinet dan lain-lain.
b.   Alat musik gesek, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Contoh : biola, rebab,  cello, violin, kontra bas, viola dan lain-lain
c.    Alat musik petik, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik.
            Contoh : gitar, bas, mandolin, harpa, siter, banjo, sasando, ukulele, dan lain-lain.
            d.    Alat musik pukul, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipukul.
e.     Alat musik tekan, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan cara ditekan
 Contoh : piano, organ, keyboard dan lain-lain.


F.        PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
Ø    Pendekatan           : Saintifik (scientific)
Ø    Metode                 : Pengamatan, Tanya jawab, Diskusi, Percobaan


G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
1.
Pendahuluan
o Guru mengajak siswa berdoa (religius)
o Mengecek kehadiran siswa
o Guru menayangkan gambar alat musik.
o Peserta didik mencermati gambar dan diminta menyampaikan pendapat setelah melihat gambar tersebut. Misalnya seruling, gendang, angklung.
o Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari.
10 menit
2.
Inti
o Guru menjelaskan mengenai bunyi dan alat pendengaran pada manusia.
o Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu diskusi tentang “Alat Musik ”.
o Guru membagikan Lembar Kerja.
o Peserta didik membaca teks “Alat Musik
o Peserta didik melakukan diskusi untuk menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang telah dibacanya yaitu tentang nama,  dan cara memainkannya.
o Peserta didik melakukan percobaan secara berkelompok untuk menemukan pengertian tentang sumber bunyi.
o Siswa menyampaikan pengertian tentang sumber bunyi.
o Guru melakukan penilaian sikap peserta didik dalam proses pembelajaran.
______________________________________________

o Peserta didik mengamati benda yang ada disekitar.
o Peserta didik membunyikan benda-benda yang dianggap sebagai sumber bunyi dengan cara yang berbeda.
o Peserta didik secara berkelompok membunyikan berbagai jenis benda agar menghasilkan bunyi yang enak didengar.
o Peserta didik membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda tersebut.
o Guru melakukan penilaian sikap peserta didik dalam proses pembelajaran.
_____________________________________________

o Guru mengelompokkan peserta didik berdasarkan cara membunyikan benda-benda dari peralatan dapur.
o Guru membimbing siswa bermain musik dengan alat yang ada.
o Peserta didik menyanyikan lagu yang dikenal dengan iringan musik buatan.
o Guru memperkenalkan konsep harmoni dalam bermain musik.
o Peserta didik berdiskusi tentang makna harmoni dalam kehidupan sehari-hari.
o Peserta didik berdiskusi tentang manfaat sikap harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air.
o Peserta didik menceritakan pengalamannya mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
o Peserta didik dan guru menanggapi cerita tersebut.
o Peserta didik mengumpulkan hasil diskusi untuk dilakukan penilaian produk oleh guru.

160 menit
3.
Penutup
o Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaranpada pertemuan hari itu
o Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapat tentang pembelajaran yang diikuti
o Guru melakukan penilaian
o Peserta didik ditugaskan membuat kliping dengan tema Keanekaragaman Budaya Bangsa Indonesia.
o Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa saling menghormati keanekaragaman suku bangsa di Indonesia.
o Salam doa dan penutup
15 menit


H.      PENILAIAN
1.                 Tes tertulis dalam bentuk uraian
2.                 Penilaian sikap selama bekerja kelompok
3.                 Penilaian kinerja presentasi
4.                 Produk : membuat kliping tentang Keanekaragaman Budaya Bangsa Indonesia


PENILAIAN NON TES:
Penilaian Sikap
Kinerja dalam Menyelesaikan Tugas Kelompok

No.
Nama Peserta Didik
Aspek
Jumlah
Nilai
Kerja sama
Keaktifan
Menghargai pendapat teman
Tanggung jawab









































Keterangan Skor:
1          = Kurang                      3          = Baik
2          = Cukup                       4          = Sangat Baik

Skor maksimal                         = 16

Nilai     =
Skor perolehan
X  100
Skor Maksimal
Penilaian Pengetahuan




I.         SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.            Teks bacaan ‘Alat Musik
2.            Lembar Kegiatan
3.            Gambar Alat Musik
4.            Alat Musik
5.            Benda-benda yang menghasilkan bunyi.


Semarang, …………….
Guru Kelas IV




Tidak ada komentar:

Posting Komentar